Tambal Ban

Di samping niy foto motorku sabtu kemaren pukul 17.00 yang diambil di jalan Kopo Cirangrang - Bandung. Naas nasibnya, gak bisa saya tunggangin soalnya bannya lagi sehat. Iya sehat, biasanya dia tiap hari masuk angin. Baru nyadar bannya bocor pas mau keluar dari tempat kerja. Gak seperti biasanya, kali itu berat banget didorong keluar dari tempat parkir. Pas cek n ricek ternyata bannya emang gembos. Untung deket tempat tambal ban (sekitar 100 m, deket gitu ya? pikir-pikir lagi deh). Untung tidak jauh dari lokasi, ada tempat tambal ban. Saya dorong deh tuh sampe ngos-ngosan.

Gambar di atas tuh waktu motornya lagi ditambal, terlihat organ dalemnya terjumbai keluar. Dipikir-pikir gede juga kali ya untung dari tukang tambal ban tuh. Satu lobang Rp 5000,00 kalo sehari yang mampir ke sana ada 10 motor dan masing-masing bocor satu lobang, berarti dapet untung 10 @ Rp 5000,00 = Rp 50000,00. Satu bulan bisa dapet 30 @ Rp 50000 = Rp 1500000,00. Waw, lumayan gede juga pendapatan nyumpal lobang di ban. Kalo ada lebih dari 10 motor/mobil, pastinya dapet lebih gede lagi dari 1,5 jt.

Cuma saya gak habis pikir, dengan pendapatan segitu kenapa tempatnya cuma gitu-gitu aja. Dimana-mana, tempat tambal ban pasti cuma ngabisin sedikit tempat dan gak nyaman untuk dihinggapi manusia lama-lama. Coba dong diperbaiki biar pelanggan merasa nyaman dan betah. Kalo perlu ada wifinya biar tambah betah lama-lama di sana.

Saya sebenernya agak sedikit parno kalo ngeliat ada tukang tambal ban. Sering diberitakan kalo pebisnis tambal ban (tadi tukang, kok sekarang pebisnis? terserah gue!) suka maen curang dg menebar paku di jalanan. Supaya kendaraan yang lewat kena tusuk terus minta ditambalin, dapet duit deh. Suatu aplikasi dari teori "menciptakan kebutuhan" yang luar biasa. Cuman itu haram. Sekali lagi, HARAM. Karena itu curang dan akibat lainnya bisa buat orang lain celaka (plus-plus dosanya). Tapi gak semua seperti itu, banyak juga yang jujur. Makasih banget utk tukang tambal ban yang jujur, semoga semakin sukses usahanya.

Oleh Opan pada
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.

Protected by Copyscape